Jumat, 28 Desember 2012

Filled Under: , , , , , , , , , , , , , ,

Jangan menggunakan sembarang alat bantu dengar

Share
Hati hati jangan sembarangan menggunakan alat bantu dengar

Menggunakan alat bantu dengar tidak jauh berbeda dengan menggunakan kacamata.. fungsi dari kaca mata bagi orang yang kurang dalam melihat jarak jauh atau jarak dekat adalah membantu untuk melihat lebih jelas suatu objek. sedangkan pada alat bantu dengar yaitu membantu dalam mendengar lebih baik suatu bunyi. jadi dengan menggunakan alat bantu dengar anda akan dapat mendengar lebih baik dari pada tidak menggunakkan alat bantu dengar. Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan bila memilih alat bantu dengar, yaitu :
1. Tingkat Gangguan pendengaran
Dalam menggunakan alat bantu dengar yang pertamakali di perhatikan yaitu tingkat gangguan pendengarannnya karena pada saat pemilihan alat bantu dengar harus di tes terlebih dahulu pendengarannya, sampai sejauh mana gangguan pendengarangnnya apakah masih ringan, sedang, berat, atau sudah sangat berat. Oleh karena itu sebelum menggunakan alat bantu dengar diperlukan tes pendengaran, bila untuk orang dewasa dapat menggunakan tes pendengaran menggunakan Audiometer dan untuk anak-anak menggunakan tes ASSR atau BERRA.
Hal ini sangat penting sekali, apabila menggunakan alat bantu dengar tidak disesuaikan dengan tingkat gangguaan pendengarannya maka akan ada dampak yang ditimbulkan seperti suara tidak jelas, atau tidak dapat membantu gangguan pendengarannya, kuping terasa sakit saat menggunakan alat bantu dengar, suara yang terdengar terlalu keras hingga memekakan telinga. Sedangkan untuk anak anak dapat menimbulkan tidak ada respons ketika memakai alat bantu dengar, bahkan dapat juga tidak ada perubahan dalam kemampuan berbicaranya, padahal telah menggunakan alat bantu dengar cukup lama kurang lebih 1 tahun tidak ada perubahan kearah yang lebih baik.
Salah pemilihan alat bantu dengar pun dapat menimbulkan kerugian seperti, harus membeli alat bantu dengar lagi untuk mengganti alat bantu dengar yang tidak sesuai, baterai boros dan cepat habis karena volume suara terlalu maksimal digunakan seharusnya 1 baterai itu kurang lebih dapat digunakan selama 2 minggu. alat yang bertehnologi canggih pun akan tidak bermanfaat kalau alat tersebut tidak sesuai dengan tingkat gangguan pendengarannya. misalnya alat bantu dengar tersebut memiliki banyak kemampuaan dan tehnologi tercanggih tetapi tingkatannya hanya pada sampai pada tingkat gangguan berat saja, padahal kebutuhannya untuk gangguan pendengaran sangat berat, tentu saja alat bantu dengar yang canggih tersebut tidak bermanfaat.

2. tehnologi
Alat bantu dengar di pasaran kini sudah beragam mulai dari alat bantu dengar tehnologi analog, digital trimer maupun full digital, kecanggiahan alat bantu dengar ini digunakan sesuai kebutuhan lingkungan pengguna alat bantu dengar, bila pengguna alat bantu dengar selalu berada di lingkungan tenang atau sepi, seperti dirumah maka alat bantu dengar dengan tehnologi analog masih dapat membantu gangguan pendengarannya. Tetapi bila pengguna alat bantu dengar lebih sering berada di lingkungan yang relatif bising seperti di kantor, ruang kelas, perpustakaan, ruang rapat ini lebih cocok mengunakan alat bantu dengar digital trimer. Sedangkan alat bantu dengar full digital ini sudah dapat membantu untuk gangguan pendengaran di mana saja berada seperti di jalan, di pasar sualayan, di restoran stadion sepak bola, dan lain sebagainya.
Bila anda memaksakan diri menggunakan alat bantu dengar berteknologi analog di tempat yang ramai maka hal yang terjadi adalah anda akan merasakan bising sekali, karena suara apapun yang masuk itu akan di perkeras, seperi suara kendaraan akan ikut di besarkan, suara orang berjalan ikut di perkeras, bahkan suara semua orang yang ada di sekitar akan di perkeras juga oleh alat bantu dengar ber teknologi analog, ini akan mengakibatkan anda merasa bising dan tidak dapat focus untuk mendengar suara percakapan. Lain halnya bila anda menggunakan alat yang full digital di lokasi ramai alat bantu dengar akan meredam suara suara selain suara percakapan, jadi hanya suara paercakapan saja yang di perkeras suara yang lain diredam.

3. Garansi alat bantu dengar
Hal ini sangat penting karena apabila kita sudah membeli alat bantu dengar tetapi tidak ada garansi maka akan sangat rugi sekali bila alat bantu dengar yang sudah dibeli rusak dan tidak dapat di perbaiki lagi. Biasanya pusat alat bantu dengar yang bagus memilik service center dan memberikan garansi minimal 1 tahun untuk alat bantu dengar yang di jualnya.

4. harga
Tentu saja satu hal ini tidak dapat di tinggal harga yang mahal belum tentu menjamin kualitas kekuatan alat bantu dengar, alat bantu dengar yang di atas harga 10 jutaan minimal harus  memiliki keunggulan keunggulan yang berbeda misalnya memiliki 2 mikrofon agar suara yang di terima lebih jernih, banyak chanel jadi suara lebih jernih, dapat meredam suara nois, anda akan dirugikan bila alat bantu dengar yang anda beli mahal tetapi sering sekali rusak dan memiliki fitur yang biasa biasa saja. harga alat bantu yang murah pun belum tentu menjamin dalam membantu anda yang mengalami gangguan pendengaran, biasanya alat bantu dengar yang di bawah harga 1 juta hanya bekerja seperti pengeras suaram jadi tidak memiliki kelebihan apapun, ini yang sangat berbahaya, karena suara sendok yang terjatuh pun akan di per keras suaranya, ini yang akan membuat anda merasa bising dan pusing apalagi bila anda berada di tempat keramaian... semua suara masuk dan diperkeras oleh alat bantu dengar anda, inilah kerugian anda, bukan mencari solusi bagi pendengaran anda malah menjadi pusing karena semua suara masuk dan menyakitkan telinga anda. jadi sebelum membeli alat bantu dengar cari info yang banyak terlebih dahulu mengenai pusat alat bantu dengar di sekitar anda sebelum mengambil keputusan untuk membeli.

0 komentar:

Posting Komentar