Konsultasi Pendengaran

Jenis gangguan pendengaran

Posted by


gangguan pendengaran

Oleh Dr Ananya Mandal, MD
Gangguan pendengaran mungkin dari dua jenis utama - pendengaran konduktif dan pendengaran sensorineural. Jenis ketiga adalah jenis campuran yang mendasari gejala dari kedua jenis tuli pendengaran. 1-6

Anatomi telinga normal

Telinga biasa terdiri dari sebuah kanal sempit yang memungkinkan dalam gelombang suara. Ini disebut telinga luar atau telinga kanal. Gelombang ini memasuki telinga kanal dan menyerang drum telinga.
Telinga drum (disebut tympani membran) adalah membran yang bergetar seperti gelombang suara memukulnya. Getaran-getaran tersebut diberikan kepada tiga tulang kecil (ossicles) di dalam telinga tengah. Ini disebut tulang tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi.
Ossicles bergerak untuk memperkuat getaran dan memberikannya kepada telinga dalam. Telinga dalam berisi sebuah shell yang berbentuk organ yang disebut koklea. Dalam koklea adalah sel-sel rambut kecil sepanjang dinding batin. Ini bergerak sebagai respon getaran dan mengirim sinyal melalui saraf pendengaran ke otak.

Desibel pendengaran

Jangkauan pendengaran normal adalah 0-20 desibel (dB). Sekitar 30 dB adalah untuk berbisik, 50 dB untuk rata-rata rumah suara dan 60 dB untuk percakapan pidato. Kedengarannya seperti mesin jet suara lebih dari 140 dB dan menyakitkan.
Pendengaran diukur dalam desibel (dB HL) pendengaran.
  • 25-39 dB HL berarti pendengaran ringan (tidak bisa mendengar bisikan)
  • 40-69 dB HL berarti moderat (tidak dapat mendengar percakapan pidato)
  • 70-94 dB HL parah (tidak dapat mendengar berteriak)
  • lebih dari 95 dB HL mendalam (tidak dapat mendengar suara yang akan menyakitkan bagi seseorang mendengar)

Jenis gangguan pendengaran

Jenis gangguan pendengaran meliputi pendengaran konduktif, sensorineural pendengaran dan jenis campuran.

Pendengaran konduktif

Dalam hal ini gelombang suara tidak mampu lulus dari telinga luar ke telinga dalam mengakibatkan pendengaran. Alasan paling umum karena:
  • penyumbatan telinga kanal oleh telinga
  • perforasi drum telinga
  • Build-up cairan karena infeksi telinga disebut lem telinga

Sensorineural gangguan pendengaran

Hal ini terjadi di mana saraf pendengaran dan saraf lainnya yang membawa informasi dari suara yang terdengar otak rusak karena usia atau cedera.
Gangguan pendengaran karena penuaan disebut presbyacusis. Setelah berusia lebih dari 30-40, banyak orang mulai kehilangan mereka mendengar dalam jumlah kecil. Hal ini meningkatkan dengan usia dan oleh 80 banyak orang mungkin memiliki gangguan pendengaran yang signifikan.
Presbuacusis terjadi ketika sel-sel rambut yang sensitif di dalam koklea secara bertahap menjadi rusak atau mati. Gejala awal termasuk hilangnya suara frekuensi tinggi, seperti perempuan atau anak-anak suara dan kesulitan dalam sidang konsonan, membuat mendengar dan memahami pidato sulit.
Telinga cedera adalah penyebab umum lainnya kehilangan pendengaran. Ini terjadi karena kerusakan yang disebabkan oleh suara keras. Struktur batin konstan karena terkena kebisingan rusak. Terpapar suara menyebabkan sel-sel rambut dalam koklea menjadi meradang.
Beberapa obat dapat juga menyebabkan kerusakan saraf telinga menuju sensorineural pendengaran. Ini termasuk antibiotik terkenal seperti aminoglycosides (Gentamicin, Amikacin dll.)

Campuran jenis gangguan pendengaran

Ketika orang-orang mendapatkan kedua jenis bersama-sama, kondisi yang disebut sebagai campuran jenis pendengaran.
Ditinjau oleh April Cashin-Garbutt, BA Hons (Cantab)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Jumat, Desember 28, 2012

1 comments:

  1. wah baru tahu saya penjelasan ilmiah tentang gangguan pendengaran. thanks gan atas infonya :) btw terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komentar di blog saya :)

    BalasHapus

Sebelum Membeli alat bantu dengar anda harus..