Selasa, 18 September 2012

Filled Under: , , , , ,

Alat Bantu Dengar

Share
Komponen Alat bantu dengar

Alat bantu dengar adalah sebuah alat elektronik yang fungsinya untuk membantu pendengaran manusia yang mengalami gangguan pendengaran, untuk dapat mendengar lebih baik, dapat berkomunikasi lebih baik dan untuk memberkan kualitas hidup yang lebih baik.

Sistem kerja dari alat bantu dengar adalah mengeraskan suara yang ada disekitar, sehingga dengan suara yang keras dapat membantu telinga yang kurang pendengaran dalam mengartikan sebuah suara, pengerasan suara lebih di fokuskan dalam suara percakapan, sehingga orang dengan gangguan pendengaran dapat terbantu untuk mengartikan suara percakapan dari lawan bicara.

Tehnologi terkini dari alat bantu dengar sudah dapat mengenali suara percakapan. Jadi suara yang dikeraskan difokuskan pada suara percakapan saja, sedangkan suara suara yang lain selain dari percakapan diredam, agar tidak menjadi Nois yang dapat mengganggu suara percakapan. Alat bantu dengar terkini juga memiliki fungsi yang dapat digabungkan dengan perangkat lain seperti menghubungkan ke telepon genggam, pesawat televisi, computer, radio dengan penambahan perangkat yang sudah di sedakan khusus.

Pada dasarnya Alat bantu dengar terdiri dari 4 komponen utama yaitu:
komponen alat bantu dengar

Komponen alat bantu dengar

Mic atau Micropone adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik.
Amplifier berfungsi untuk memproses sinyal listrik (gelombang suara) yang dihasilkan dari mic untuk selanjutnya sinyal listrik (gelombang suara) diperbesar lalu untuk selanjutnya sinyal yang sudah diperbesar tersebut diproses oleh receiver.
Receiver berfungis untuk mengubah sinyal listrik (gelombang suara ) menjadi suara yang telah di keraskan, . Receiver ini dapat di analogikan seperti speaker.
Baterai berfungsi untuk mengalirkan energy listrik untuk menjalankan komponen Mic, Amplifier, dan Receiver.

Alat bantu dengar ada 4 model, yaitu :

1. Pocket
alat bantu dengar pocket
Alat bantu dengar jenis Pocket ini, merupakan alat bantu dengar dengan model seperti walkman. Mic, Amplifier dan baterai terdapat dalam box khusus yang dapat di taruh disaku, sedangkan receiver berada di telinga dengan menggunakan kabel amplifier dan receiver terkoneksi. Alat bantu dengar Pocket ini menggunakan baterai jenis AAA dengan tegangan 1,5volt.

Alat bantu dengar pocket ini sudah jarang diproduksi, oleh karena itu kami menyarankan agar tidak menggunakan alat bantu dengar ini khawatir alat bantu dengar ini tidak ada lagi dipasaran yang akan membuat anda sulit untuk mencari sparepartnya jika terjadi kerusakan.






2. . BTE (Behind The Ear)
Alat bantu dengar BTE

Komponen Alat bantu dengar BTE (Behind The Ear) Alat bantu dengar ini berada dibelakang telinga seperti gambar. Semua komponen sudah terdapat didalamnya. Suara dari receiver langsung disalurkan dengan menggunakan selang kecil yang menempel pada earmuld (cetakan telinga) masuk ke dalam canal telinga, Sehingga suara dapat langsung masuk. Melalui selang yang menempel di dalam earmuld (cetakan telinga).

alat ini yang paling banyak digunakan di indonesia, jika ada memiliki masalah pendengaran ada baiknya anda menggunakan alat bantu dengar BTE ini.




3. ITC (In The Canal)
Alat bantu dengar ITC
Komponen Alat bantu dengar ITC (In The Canal) Alat bantu dengar ini merupakan alat bantu dengar yang khusus dibuat sesuai dengan cetakan telinga setiap pemakainya, bentuknya yang kecil di buat khusus agar tidak terlalu terlihat oleh orang lain, komponen seluruhnya berada didalam Alat bantu dengar.
Alat Bantu Dengar ITC ini hanya untuk gangguan ringan hingga sedang saja, jadi jika gangguan pendengaran anda sudah mencapai kategori berat anda tidak cocok untuk menggunakannya, apalagi bagi anda yang memiliki lubang telinga sangat kecil, kami tidak menyarankan untuk anda..






4. RITE (Receiver In The Ear)
Alat bantu dengar RITE
Komponen Alat bantu dengar ini hampir menyerupai jenis BTE (behind the ear) perbedaanya dengan RITE (Recaiver In The Ear) receivernya berada di dalam telinga, sedangkan Amplifier, mic dan baterainya berada di belakang telinga dan bentuknya juga tidak terlalu besar seperti BTE, jadi hampir tidak kelihatan dan sangat ringan sekali. Alat bantu dengar RITE ini meminimalisir fedback (suara denging).
Awas hati-hati sekarang banyak beredar alat yang menyerupai RITE akan tetapi Receivernya menggunakan receiver seperti alat bantu dengar Pocket, yang besar, dan sangat terlihat kabelnya, jangan beli alat yang Receivernya besar dan kabelnya sangat tebal terlihat, karena gampang putus, dan mudah rusak. jika anda menginginkan alat bantu dengar RITE yang bagusa silahkan hubungi kami, kami siap membantu memberikan solusi.


yuk segera Konsultasi, Periksa pendengaran dan Coba Alat Bantu Dengar di tempat kami Gratis...
hubungi kami segera : 083898999480 ..


0 komentar:

Posting Komentar