Konsultasi Pendengaran

Jenis Tes Pendengaran

Posted by


tes pendengaran

TES PENDENGARAN

TES BERA (Brainstem Evoked Response Auditory) atau ABR (Auditory Brainstem Response)
TES BERA

Biasanya Tes BERA ini dilakukan untuk anak usia 0 hingga 9 tahun yang mengalami gangguan pendengaran, cara pengetesannya cukup memakan waktu dan mengharuskan anak tenang atau bahkan tertidur.

Tes BERA ini Menguji kinerja seluruh alat pendengaran dari gendang telinga (telinga luar) sampai ke otak. Cara kerjanya dengan memberikan bunyi pada frekuensi yang berbeda – beda pada tingkat kekerasan yang berbeda–beda pula responnya ditangkap langsung oleh sensor di otak. Tesnya tidak menyakitkan (un-invasive), tidak perlu respon aktif dari pasien dan hasilnya menyeluruh. Tes ini adalah tes paling umum dalam mendeteksi gangguan pendengaran pada anak.


TES OAE (Oto Acoustic Emission)
Tes OAE
Tes OAE ini Prinsip kerjanya Menguji kinerja pendengaran dari gendang sampai rumah siput tetapi terutama rumah siput. Cara kerjanya dengan memberikan nada murni ke telinga dan menangkap responnya melalui perubahan tekanan di saluran telinga. Tesnya juga tidak menyakitkan dan tidak memerlukan respon aktif dari pasien serta obyektif. Biasanya digunakan untuk mendeteksi gangguan pendengaran khususnya akibat gangguan di telinga tengah karena OME, OMA atau sensorinerual hearing loss (SNHL) yaitu kerusakan sel saraf di rumah siput.






TES TYMPANOMETRI
Menguji kinerja alat pendengaran dari gendang sampai telinga tengah (tulang sanggurdi). Caranya mirip dengan OAE tapi responnya dari defleksi (perubahan gerak) gendang telinga. Tesnya juga tidak menyakitkan, obyektif dan tidak perlu respon aktif dari pasien. Biasanya digunakan untuk mengeliminasi kemungkinan gangguan telinga tengah jika hasil OAE menunjukkan respon negatif.

TES AUDIOMETRI
tes audiometri
Menguji kinerja pendengaran dari gendang telinga sampai otak. Caranya dengan memberikan nada murni baik melalui earphone (direct to ear) ataupun speaker (free field test) dan meminta respon balik dari pasien apakah bunyi terdengar atau tidak. Tesnya tidak menyakitkan namun agak subyektif dan memerlukan respon aktif dari pasien. Ukup sulit dilakukan khususnya untuk anak – anak. Untuk anak – anak biasanya dilakukan PLAY AUDIOMETRI yaitu uji pendengaran dengan bermain dan diperlukan audiologist yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang baik. Biasanya untuk menguji kemajuan / kemunduran fungsi pendengaran terutama pada pasien gangguan pendengaran.

TES ASSR (Auditory Steady State Response)
Menguji kinerja seluruh alat pendengaran dari gendang telinga sampai ke otak. Cara kerjanya seperti BERA tapi yang diberikan adalah nada murni seperti layaknya tes audiometri. Namun tidak diperlukan partisipasi aktif dari pasien karena respon langsung dicatat oleh sensor yang menangkap aktifitas otak. Tes ini tidak menyakitkan dan tidak memerlukan respon aktif namun pasien harus diam dan tenang dalam waktu yang cukup lama, kurang lebih 1 jam. Seringkali dianjurkan agar pasien ditidurkan atau diberi obat tidur jika memang sulit diminta untuk tetap tenang dan diam. Digunakan untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada bayi dan anak - anak yang masih kecil.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: Senin, Oktober 22, 2012

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum Membeli alat bantu dengar anda harus..