Alat bantu dengar

Harga alat bantu dengar

Harga alat bantu dengar sangat beragam sekali, tergantung dari tingkat gangguan pendengaran dan tehnologi.. merk dan  jenis alat bantu dengar pun akan mempengaruhi harga alat bantu dengar.
bahkan bila anda datang ke perusahaan pusat alat bantu dengar yang berbeda dengan merk dan jenis yang sama tidak menutup kemungkinan harga alat bantu dengar pun akan berbeda. 
berikut ini yang mempengaruhi harga alat bantu dengar :

Jenis alat bantu dengar 
harga alat bantu dengar sangat berpengaruh sekali pada Jenis alat bantu dengar, karena tingkat kebutuhan yang berbeda menyebabkan terjadinya keberagaman harga. untuk saat ini  ada 4 jenis alat bantu dengar yang   pertama yaitu :

1. Pocket.
Alat bantu dengar jenis Pocket ini, merupakan alat bantu dengar dengan model seperti walkman. Mic, Amplifier dan baterai terdapat dalam box khusus yang dapat ditaruh disaku, sedangkan receiver berada di telinga dengan menggunakan kabel amplifier dan receiver terkoneksi. Alat bantu dengar Pocket ini menggunakan baterai jenis AAA dengan tegangan 1,5volt. Alat bantu dengar pocket ini memiliki ciri bentuk seperti wolkman. Alat bantu dengar jenis Pocket ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan jenis alat bantu dengar yang lain, akan tetapi alat bantu dengar ini hampir rata rata pemrosesan suaranya masih analog, masih jarang sekali yang pemrosesan suaranya sudah digital, Alat bantu dengar jenis pocket saat ini sudah banyak negara yang memproduksi alat bantu dengar ini, bahkan negara seperti negara China sudah mampu membuat alat bantu dengar jenis pocket seperti ini, jadi harga alat bantu dengar jenis pocket ini sudah pasti harganya lebih murah lagi, jika dibandingkan dengan alat bantu dengar lainnya.

2. BTE
Alat bantu dengar jenis BTE ini harganya sangat bervariasi sekali karena banyak orang yang menggunakan alat bantu dengar jenis BTE, BTE (Behind The Ear) Alat bantu dengar ini berada dibelakang telinga seperti gambar. Semua komponen sudah terdapat didalamnya. Suara dari receiver langsung di salurkan dengan menggunakan selang kecil yang menempel pada earmuld (cetakan telinga) masuk ke dalam canal telinga, Sehingga suara dapat langsung masuk. Melalui selang yang menempel di dalam earmuld (cetakan telinga). alat ini lebih maju dari pada alat sebelumnya yaitu alat pocket, dan harganya pun lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis pocket. akan tetapi dari segi tehnologi pemrosesan suara digital dan tehnologi terkini, alat ini lebih mahal dari alat bantu dengar dengan pemrosesan suara analog.


3. ITC (In The Canal)
ITC (In The Canal) Alat bantu dengar ini merupakan alat bantu dengar yang khusus dibuat sesuai dengan cetakan telinga setiap pemakainya, bentuknya yang kecil di buat khusus agar tidak terlalu terlihat oleh orang lain, komponen seluruhnya berada didalam alat bantu dengar. harga alat bantu dengar ITC ini biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan alat BTE, karena alat ini bentuknya di desain khusus body mesin atau chasing atau shell menyerupai bentuk telinganya, dan pembuatannya pun agak lebih lama jika di bandingkan alat BTE, akan tetapi dengan desainnya yang kecil, alat lebih tidak terlihat. dengan kelebihan kelebihan ini, tentu saja alat ITC ini lebih mahal jika dibandingkan dengan alat BTE.




4. RITE (Receiver In The Ear)
 

Alat bantu dengar ini hampir menyerupai jenis BTE (behind the ear) perbedaanya dengan RITE (Recaiver In The Ear) receivernya berada di dalam telinga, sedangkan receiver, mic dan baterainya berada dibelakang telinga dan bentuknya juga tidak terlalu besar seperti BTE, jadi hampir tidak kelihatan dan sangat ringan sekali. alat Jenis RITE ini biasanya pemrosesannya sudah digital, karena munculnya alat ini belum lama di bandingkan yang lainnya. dan merupakan pengembangan dari alat jenis BTE hanya saja receiver berada di dalam telinga, hal ini dapat lebih mencegah terjadi fedback (alat berdenging). perbedaannya dengan alat BTE yaitu alat ini tidak menggunakan selang yang menghantarkan suara ke dalam telinga, melainkan kabel yang mengirim sinyal kedalam receiver yang langsung masuk kedalam telinga, jadi kemungkinan suara bocor dan menyebabkan fedback lebih kecil jika di bandingkan dengan alat BTE. tipe seperti ini merupakan tipe terakhir yang di buat, oleh karena itu biasanya harganya pun lebih mahal jika di bandingkan dengan BTE ataupun ITC. biasanya alat jenis RITE ini memiliki tehnologi yang lebih baik dari alat BTE.

Hal lainnya yang mempengaruhi harga yaitu tehnologi yang dibuat, seperti misalnya prosesornya lebih cepat terbaru, intensitas atau desibelnya pun sangat berpengaruh, besar kecilnya suara yang di hasilkan dari alat bantu dengar pun sangat mempengaruhi harga. serta chanel yang ada di alat juga sangat berpengaruh terhadap harga, karena semakin banyak chanel nya semakin jernih suara yang dihasilkan.

jika ingin melihat harga alat bantu dengar klik disini

0 komentar:

Poskan Komentar